Sabtu, 12 Agustus 2017

Daging Bekicot Memang Lunak dan Kenyal Dimakan !! Tapi Gimana Menurut Islam Hukum Memakan Bekicot ?? Ini Ulasannya..

Daging Bekicot Memang Lunak dan Kenyal Dimakan !! Tapi Gimana Menurut Islam Hukum Memakan Bekicot ?? Ini Ulasannya..

Mungkin sebagian dari kita banyak yang bertanya apa sih Hukum Memakan Bekicot Menurut Islam. karena beranggapan bahwa bekicot / keong adalah hewan yang menjijikan tp di lain sisi ada yang beranggapan bahwa bekicot adalah makan yang melezatkan rasanya. bahkan di sebagian negara seperti di jepang atau thailan bekicot adalah makanan yang di anggap mewah dan istimewa.

Menurut hasil dari penelitian daging bekicot ternyata banyak mengandung kaya protein dan cangkang bekicot kaya akan kalsium dalam daging nya banyak mengandung asam amino.

Bagi yang bisa mengolah nya bekicot memang menjadi hidangan yang lezat tp tidak bisa bekicot saja. Ada beberapa bekicot yang bisa kita makan dan tidak bisa kita makan.

Perlu kita ketahui bahwa bekicot / siput / keong itu di bagi menjadi dua yaitu ada bekicot/siput yang hidup di darat dan ada yang hidup di air/laut. Dan kebanyakan bekicot air/laut yang sering masyarakat makan bukan bekicot darat.

Bagaimana Pendapat Ulama Tentang Memakan Bekicot Menurut Islam

Dalam hal ini banyak persepsi yang menghalalkan dan ada juga yang mengharamkan bekicot. Sebagian ulama seperti imam malik mengatakan memakan bekicot di perbolehkan jika di masak terlebih dahulu.akan tetapi ada pendapat lain yang mengatakan bahwa blekicot darat haram. Seperti Firman Allah QS. Almaidah : 3

Artinya : Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa. karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Maka bisa di simpulkan jika kita memakan blekicot darat itu maka haram hukumnya. Karena halalnya binatang darat itu di sembelih terlebih dahulu sedangkan bekicot tidak bisa di sembelih dan statusnya bangkai.dan bangkai haram hukumnya untuk di makan.

Kemudian bekicot air/laut justru di halal kan oleh Allah SWT karena bekicot air/keong termasuk golongan hewan air yang menunjukan kehalalan hewan air, seperti dalam Firman Allah QS. Almaidah: 96

Artinya : Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan; dan diharamkan atasmu (menangkap) binatang buruan darat, selama kamu dalam ihram. Dan bertakwalah kepada Allah Yang kepada-Nyalah kamu akan dikumpulkan.

Pembaca yang budiman bekicot memang ada dua jenis bekicot yang hidup di air dan bekicot yang hidup di darat, tp menurut pandangan islam bekicot yang hidup di darat memang haram hukumnya untuk di makan karena tidak bisa di sembelih, sedangkan bekicot air / keong memang diperbolehkan untuk dimakan karena sudah ada dalilnya di atas. Semoga penjelasan Hukum Memakan Blekicot Menurut Islam disa bermanfaat agar bisa membedakan mana yang halal dimakn dan mana yang haram di makan.
loading...

Related Posts

Daging Bekicot Memang Lunak dan Kenyal Dimakan !! Tapi Gimana Menurut Islam Hukum Memakan Bekicot ?? Ini Ulasannya..
4/ 5
Oleh